Teknik Pengolahan Ikan Asap

Pengolahan ikan asap merupakan salah satu teknik pengolahan yang digunakan untuk mengawetkan ikan. Sebenarnya tekniknya hampir sama dengan teknik penggaraman pada ikan air laut. Perbedaannya adalah cara menjemurnya. Untuk ikan asin, teknik pengawetannya menggunakan sinar matahari yang membuat kandungan air di dalam tubuh ikan akan menguap. Berbeda dengan teknik pengasapan yang dari namanya memang sudah dapat diketahui cara mengawetkannya menggunakan asap yang dapat membantu mengeringkan ikan. 


Teknik pengolahan ikan memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri mengingat tidak semua wilayah di Indonesia ini memiliki lokasi yang dekat dengan wilayah perairan sehingga membuat banyak sekali teknik yang dapat digunakan untuk mengawetkan ikan ini agar dapat dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain teknik pengolahan ikan yang diawetkan dengan cara dijemur atau diasap ini, pengolahan ikan asap untuk dikonsumsi juga harus diperhatikan. Berbeda dengan cara dijemur, untuk teknik pengasapan, ikan yang digunakan sudah matang. Sehingga sebenarnya dapat langsung dikonsumsi atau hanya perlu dilakukan penggulai-an lagi. Berbeda dengan ikan teknik penjemuran yang memang masih mentah sehingga diperlukan pengolahan lebih lanjut lagi. 
Teknik Pengolahan Ikan Asap
Baca Juga : Daftar Harga Ikan Asap
Keuntungan teknik pengasapan untuk ikan ini memang akan membuat kandungan gizi di dalam ikan tidak hilang. Sehingga jika dikonsumsi tentunya akan memberikan gizi yang juga diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, sering disarankan untuk proses pengolahan ikan asap dilakukan dengan benar agar. Terlebih lagi jika Anda melakukan pengolahan ikan asap di rumah. Mungkin saat ini banyak sekali masyarakat yang melakukan industri rumahan dengan membuat ikan asap untuk dijual kembali atau sekedar untuk dikonsumsi. Walaupun untuk pengasapan tidak harus menggunakan kayu jenis apa untuk pembakaran, tetapi disarankan agar menggunakan batok kelapa atau pokok batang rambutan yang akan memberikan aroma dan menambah cita rasa di dalam ikan yang dilakukan pengasapan. Pemesanan Ikan Asap dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600(Ismail - Palembang).

Industri pengolahan ikan saat ini sudah banyak tersebar. Terutama pada daerah di pesisir utara Pulau Jawa yang memang memiliki kekayaan yang melimpah untuk ikannya. Sehingga membuat industri rumahan untuk pengolahan ikan semakin banyak. Jika Anda dapat melihat peluang tersebut mungkin Anda dapat menjual bentuk olahan ikan yang sudah matang sehingga dapat menjadikan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Resep pengolahan ikan asap biasanya dari yang sederhana dilakukan penggorengan dan diberi sambal khas. Atau yang cukup rumit dapat menggunakan variasi menu olahan ikan yang berbeda. 

Pengolahan ikan asap memang tidak terlepas dari banyaknya ikan yang melimpah di Indonesia yang mungkin salah satu caranya adalah dengan mengawetkan ikan agar tetap dapat bertahan lama. Karena ikan ini seperti makanan protein lainnya yang mudah sekali busuk. Oleh sebab itu biasanya teknik pengawetan selain dilakukan pengasapan atau penjemuran juga dapat menggunakan pembekuan. Teknik pembekuan ini bertujuan untuk menjaga kesegaran dari ikan ini hingga ke tangan konsumen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel