Cara Pembuatan Ikan Asap Secara Sederhana

Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang cukup banyak disukai orang. Namun sebagaimana layaknya sumber protein hewani yang lain, ikan juga mudah busuk jika tidak segera diolah. Ada beberapa cara untuk mengolah ikan agar lebih awet, misalnya dengan penggaraman atau dengan pengasapan. Cara pembuatan ikan asin menggunakan teknik penggaraman, dengan teknik ini ikan yang masih dalam kondisi mentah akan mampu bertahan lama. Sedangkan cara pembuatan ikan asap menggunakan teknik pengasapan. Ikan yang diolah dengan pengasapan juga mampu tahan lama karena kandungan air dalam tubuh ikan akan keluar.

Cara Pembuatan Ikan Asap
Baca Juga : Cara membuat Ikan Salai

Banyak orang yang sebenarnya tertarik untuk membuat ikan asap, tetapi mereka belum tahu cara membuatnya. Sebenarnya cara pembuatan ikan asap tidaklah terlalu sulit, bahkan Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah meskipun tidak punya alat pengasap Anda bisa menggunakan peralatan sederhana. Peralatan tersebut misalnya tungku, tungku biasanya digunakan untuk memasak secara tradisional. Jika Anda ingin mencoba membuat ikan asap, berikut cara pembuatan ikan asap sederhana yang mungkin bisa menjadi panduan Anda dalam mempersiapkan bahan dan langkah pembuatan. (Pemesanan dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600 (Ismail - Palembang)).

Cara Pembuatan Ikan Asap Sederhana Rumahan

Sebelum Anda mulai mempelajari cara pembuatan ikan asap, pertama Anda harus mempersiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk memasak. Bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat ikan asap secara sederhana yaitu:
  • Ikan bandeng 1 kg
  • Garam 200 gram, bagi anda yang cendrung menyukai rasa agak asin
  • Arang secukupnya

Cara pembuatan ikan asap secara sederhana sebagai berikut:

  • Belah ikan menjadi dua bagian yang sama besar, bersihkan kotorannya, kemudian cuci sampai bersih.
  • Rendam ikan dalam larutan garam sambil diberi pemberat, lalu diamkan selama 2 jam agar meresap, bila kondisi ikan segar perendaman garam tidak perlu dilakukan.
  • Setelah itu keluarkan ikan salai, lalu ikat seluruh ikan menjadi satu lalu angin-anginkan dengan posisi terbalik sambil digantungkan dengan kawat agar airnya menetes dan permukaannya kering.
  • Setelah itu susun ikan di atas bakaran atau para-para.
  • Kemudian siapkan sabut kelapa dan arang untuk membuat asap, lalu asapi ikan selama 5 menit. Selama proses pengasapan, posisi ikan sambil dibolak balik dan dicek, apa ikan telah dalam kondisi kering.
  • Setelah matang, keluarkan ikan dari tempat pengasapan dan dinginkan.
Ikan asap yang baik memiliki beberapa ciri khas, yaitu warnanya coklat keemasan dengan permukaan yang tampak licin dan mengkilap. Baunya juga sangat khas dan menggoda selera, serta tekstur dagingnya sedikit berair. Jika proses pengasapannya benar dengan suhu yang mencapai 60-80 derajat celsius, maka ikan akan tahan hingga 1 bulan lebih. Tetapi tidak semua jenis ikan bisa diasapi, ikan yang cocok untuk diasapi yaitu ikan cakalang, ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan lemuru. Demikianlah sedikit ulasan teknik pengolahan ikan asap secara sederhana, semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.