4 Bahaya Ikan Asap Bagi Kesehatan yang Penting untuk Diwaspadai

Tahukah Anda apa saja bahaya ikan asap yang perlu Anda waspadai terutama bagi kesehatan Anda? Silakan simak uraian berikut agar Anda lebih berhati-hati lagi mengkonsumsi ikan asap. Ikan asap adalah salah satu makanan yang banyak digemari karena rasanya yang nikmat. Namun ternyata makanan ini memiliki dampak bagi kesehatan, penting untuk Anda ketahui dan waspadai. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai bahaya makan olahan ikan asap bagi kesehatan. Simak uraian berikut secara lengkap bagi Anda yang menyukai berbagai makanan yang menggunakan ikan asap sebagai bahan utamanya.

Ikan Asap
Lihat Juga : Cara Membuat Ikan Asap

Inilah Bahaya Ikan Asap Bagi Kesehatan

Selain ikan asap, sosis juga merupakan makanan yang diolah dengan asap. Keduanya memiliki rasa yang lezat, penggemarnya terdiri dari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Langsung saja, berikut ini merupakan bahaya yang perlu Anda waspadai jika mengkonsumsi ikan asap:
  • Kandungan Karbon Dioksida
Bahaya ikan asap yang pertama yaitu adanya kandungan karbon dioksida pada ikan asap. Kandungan ini tentu tidak baik untuk kesehatan, dimana dapat mengikat hemoglobin dan dapat membawa darah kotor. Namun hal ini dapat dinetralisir dengan meminum kopi setelah mengkonsumsi ikan asap.
  • Kandungan tawas
Tidak semua memang, namun beberapa pedagang yang nakal akan menggunakan tawas. Tawas tersebut dapat membuat ikan asap terlihat segar selalu, namun tidak baik untuk kesehatan. Bahaya ikan asap dari kandungan tawas ini dapat merusak organ hati. Untuk mencegahnya, sebaiknya belilah ikan asap dari penjual yang terpercaya.
  • Kandungan bakteri
Ikan asap merupakan makanan yang tidak segar, makanan ini sangat mudah untuk terkontaminasi. Ada banyak bakteri yang bisa saja mengkontaminasi makanan ini dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Biasanya akan ditandai dengan muntah-muntah, diare dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Jika Anda ingin menghindari bahaya ikan asap yang satu ini, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan asap. Namun akan jauh lebih baik lagi jika Anda menghindari makanan yang satu ini jika memiliki daya tahan tubuh yang rentan.
  • Risiko terkena kanker
Siapa sangka makanan yang enak dan lezat ini dapat menyebabkan penyakit kanker. Ikan asap pada dasarnya memang banyak mengandung bahan pengawet yang sangat buruk bagi kesehatan. Baik bahan pengawet yang digunakan ataupun proses pengolahannya, ikan asap memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang sudah dilakukan, bahaya dari ikan asap yaitu dapat memberikan risiko terkena kanker. Yang mana ikan asap mengandung Natrium hingga 4 kali lebih banyak. Akan tetapi dugaan ini belum dibuktikan sacara penelitian ilmiah yang akurat seperti dari BPPOM dan Litbang KKP; bahaya ikan asap.
ciri ikan salai, ikan asap yg bagus
Ciri ikan asap yg bagus Kering 75-80% warna tembaga keemasan

Kesimpulannya adalah efek buruk ikan asap ditimbulkan oleh ulah oknum dalam meghasilkan ikan asap dengan mencampur bahan seperti tawas dan formalin. Dilarang Makan berlebihan karena minum air putih pun bila berlebihan akan mengakibatkan muntah dan mencret. Ada beberapa trik khusus bagi Anda yang benar-benar ingin membuat ikan asap sendiri yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Dimana Anda dapat mengasapinya dengan suhu yang cukup rendah dan gunakan minyak agar ikan tidak menempel pada alat pengasapan. Itulah bahaya ikan asap yang dapat Anda ketahui dan penting untuk Anda perhatikan jangan lupa pesanlah ikan Asap yang terjamin Kwalitasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel