Cara Membuat Ikan asap Lele

Ikan asap atau ikan salai adalah ikan yang diproses pengawetan dengan pengasapan (smoked). Di eropah utara Salmon biasa diasap untuk membuat lox, begitu juga beberapa jenis ikan seperti bandeng, tongkol, tengiri, ikan ruwan gabus, ikan lele, lais, Ikan patin juga biasa diasap panas. Selain di Indonesia dan Malaysia Ikan asap banyak ditemukan dalam daftar menu Rusia, Yahudi dan Eropah timur maupun eropah tengah.

ikan salai
IKAN ASAP LELE - IKAN SALAI LELE

Pengasapan adalah salah satu cara pengawetan ikan daging dengan mengunakan panas dan asap hasil pembakaran kayu atau daging ikan tersebut tidak langsung terkena api, manfaat lain dari asap pembakaran kayu memberikan rasa dan aroma yang khas apalagi bila memakai kayu dari pohon rambutan selain menghasilkan panas yang baik, lebih lama juga aroma ikan salai menjadi sedap rasa pun boleh diadu. Apa lagi bahan baku utama kami ikan lele alami sungai sudah tentu daging ikan lebih kenyal terasa manis dan gurih, pokonya seedaaap....bangeet..!

Cara membuat ikan asap pada UKM kami memanfaatkan ikan lele alami, Palembang merupakan daerah aliran sungai dengan utama Sungai Musi dan tentu saja potensi perikanan tangkap sungai tergolong besar pertahunnya dengan melimpahnya jenis ikan lele, ikan lais dan ikan patin produksi kami sudah antar propinsi antara lain ke kota Medan dan Pekan Baru.

Berikut kami buka rahasia cara membuat ikan asap versi Saryadi Lele :

Pertama penyortiran, ikan masih hidup dipisah menjadi 3 katagori A rata-rata berat : 7 ekor per kilo, B : 10 ekor per kilo dan C : 12 ekor per kilo.

proses ikan salai
Ikan Asap Lele - Pembersihan Ikan Oleh Ibu-ibu


Kedua pembersihan & penyiangan ikan dilakukan dengan membelah kepala bagian atas sampai punggung atas, ¾ panjang badan ikan, sehingga hasil jadi akan tampak lebih besar dan lebar juga mempercepat pematangan, pembuangan kotoran perut kemudian ikan di bilas dengan air bersih dan ditiriskan.

Ketiga penyusunan pada para-para pemangangan sangat berguna untuk menghasilkan bentuk ikan asap yang lebar dan tidak bergelung.

Keempat pengaturan api walaupun usaha kami telah memakai ruang khusus pengasapan dengan dimensi lebar 1,5 m x 1,5 m dan tinggi 2,4 meter sebanyak 10 sekat ruangan, proses ini adalah yang terpenting menentukan kwalitas ikan asap.

Kelima pembalikan ikan salai pada tahap awal penyalaian, api agak besar ikan cendrung bergulung antisipasi hal ini pembalikan ikan salai penting dilakukan oleh tenaga ahli, proses pembalikan ini sampai 5 kali, terakhir dengan api kecil atau asap saja.

PACKING ikan asap
IKAN ASAP LELE - PACKING

Keenam pengagin-anginan dan packing, penurunan suhu produk wajib dilakukan karena ikan asap masih panas disamping itu juga masih mengeluarkan uap air walaupun dalam jumlah sedikit, akan tetapi apabila langsung di packing yang terjadi adalah produk ikan salai lele tersebut cepat berjamur. Berminat hubungi bagian Pemesanan Ikan Asap dan harga ikan salai bisa anda peroleh melalui sms / WA di 0813-7305-6600 (Ismail-Palembang)).
Previous Post
Next Post